Organ dan Proses Peredaran Darah Manusia

Organ dan Proses Peredaran Darah Manusia
1. Organ Peredaran Darah Manusia dan Fungsinya

Organ peredaran darah manusia meliputi jantung dan pembuluh darah. Jantung dan pembuluh darah mempunyai fungsi  khusus.

a. Jantung
Jantung manusia terletak di sebelah kiri rongga dada diantara paru-paru kanan dan kiri. Jantung berfungsi mempompa darah ke seluruh tubuh. Ukuran jantung sebesar kepalan tangan. Jantung tersusun oleh otot-otot jantung. Otot ini mempunyai keistimewaan, yaitu bekerja tidak menurut kehendak kita. Otot jantung bekerja dibawah sadar. Oleh karena itu, jantung bekerja terus-menerus tanpa lelah.

Jantung manusia terbagi atas empat ruang, yaitu serambi kanan (atrium dekster), serambi kiri (atrium sinister), bilik kanan ( ventrikel dekster), dan bilik kiri (ventrikel sinister). Serambi kanan bertugas menampung darah yang mengandung banyak karbon dioksida (darah kotor). Serambi kiri bertugas menampung darah yang mengandung banyak oksigen (darah bersih). Bilik kanan bertugas memompa darah yang mengandung banyak karbon dioksida. Bilik kiri bertugas memompa darah yang mengandung banyak oksigen.

Jantung memompa darah degan cara berkontraksi dan relaksasi. Pada saat kontraksi keadaan jantung menguncup sehingga menimbulkan tekanan tinggi yang disebut Sistole. Pada saat relaksasi keadaan jantung mengembang sehingga terjadi pengisian darah kembali yang disebut Diastole.

Denyut jantung orang dewasa sehat berkisar 60-80 denyutan per menit. Sementara denyut anak-anak yang sehat berkisar 90-10 denyutan per menit. Tensi seseorang dinyatakan dengan sepasang angka, misalnya tensi orang dewasa normal 120/80 mmHg. Nilai 120mmHg menunjukan Sistole dan nilai 80 mmHg menunjukan Dastole.


0 Response to "Organ dan Proses Peredaran Darah Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel