Keberagaman Seni Kriya Daerah

Keberagaman Seni Kriya Daerah
Keberagaman Seni Kriya Daerah - Seni kriya merupakan seni kerajinan atau keterampilan tangan yang mengutamakan nilai pakai dibandingkan nilai keindahannya. Karya seni kriya memiliki fungsi sebagai benda pakai, benda hias, dan benda mainan.

Berikut pengelompokan seni kriya berdasarkan media dan cara pembuatannya:

1. Batik
Kriya batik adalah kerajinan tangan pada kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam. Teknik yang biasa digunakan pada kriya batik yaitu, teknik lukis, tulis, dan cap.

2. Anyaman
Kriya anyaman adalah teknik berkarya dengan cara mengatur bahan-bahan dasar dalam bentuk tindih menindih, silang menyilang dan lipat-melipat dengan pola tertentu. Bahan yang digunakan berupa rotan, bambu, pandan, kertas, plastik,dan tali

3. Keramik
Kriya keramik adalah benda dari tanah liat yang dibakar dan dibuat dengan teknik lempeng, putar, lilin, tekan dan cetak ulang.

4. Ukiran
Kriya ukiran adalah jenis kriya seni yang dihasilkan dengan mengolah permukaan suatu benda sehingga menghasilkan bentuk yang indah dengan teknik pahat.

5. Logam
Kriya logam adalah kriya mengolah logam menjadi berbagai macam benda kerajinan. Tekniknya adalah cetak lilin dan teknik setangkep.

6. Kulit
Bahan baku untuk membuat kriya kulit diantaranya adalah kulit kerbau, kambing dan sapi.

7. Batu
Kriya batu adalah karya seni yang dihasilkan dari batu yang diukir atau dipahat sehingga menghasilkan yang diinginkan. Jenis batu yang digunakan akik, jesper dan batu permata.



0 Response to "Keberagaman Seni Kriya Daerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel