PAI Kelas 5 SD/MI Bab 2 - Mengenal Nama Allah dan Kitab-Nya

PAI Kelas 5 SD/MI Bab 2 -  Mengenal Nama Allah dan Kitab-Nya

A. Mengenal Allah SWT.

Allah SWT. memiliki nama-nama yang baik atau disebut dengan Asmaul Husna. Asmaul Husna hanya milik Allah, manusia sebagai mahluk - nya hanya dapat memahami, mempelajari dan meniru kandungan makna dari nama tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Nama-nama tersebut yaitu, Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad.

1. Al-Mumit

a. Arti Asmaul Husna Al-Mumit

Al-Mumit artinya maha mematikan, berarti Allah berkuasa untuk mematikan semua yang diciptakan-nya. Kematian setiap mahluk adalah kehendak Allah. Dalam surat Al-Mu'min ayat 68, Allah berfirman sebagai berikut yang artinya adalah "Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Maka apabila dia hendak menetapkan sesuatu urusan, dia hanya berkata kepadanya, Jadilah! Maka jadilah sesuatu itu.

Ayat di atas menjelaskan bahwa Allah berkuasa menghidupkan dan mematikan mahluk-nya. Dalam menetapkan sesuatu sangat mudah bagi Allah. Apa yang dikehendaki Allah pasti terjadi. Jika Allah akan mematikan mahluk-nya, hal itu pasti terwujud. Itulah arti bahwa Allah memiliki asmaul husna Al-Mumit.

b. Bukti Allah Bersifat Al-Mumit

Lihatlah di sekitarmu! Barangkali kamu pernah mendengar berita tentang kematian seseorang atau mungkin tetanggamu meninggal dunia, padahal kemarin masih sehat. Ada juga bayi yang baru lahir meninggal dunia, ada juga yang meninggal ketika usia lanjut. Perhatikan juga alam sekelilingmu! Ada pohon yang tiba-tiba kering dan mati, ada bunga yang layu meskipun sering disiram dan banyak ayam yang mati terserang penyakit.

Contoh diatas adalah bukti bahwa Allah memiliki sifat Al-Mumit. Kematian merupakan kepastian yang akan terjadi pada setiap yang bernyawa. Dalam surat Al-Waqi'ah ayat 60 Allah berfirman yang artinya adalah "Kami telah menentukan kematian masing-masing kamu dan kami tidak lemah"

Kematian adalah urusan Allah, kapanpun dan bagaimanapun caranya. Semua itu adalah bukti bahwa ALlah bersifat Al-Mumit.


0 Response to " PAI Kelas 5 SD/MI Bab 2 - Mengenal Nama Allah dan Kitab-Nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel