Pengertian dan Jenis-Jenis Ekosistem

Pengertian ekosistem


EKOSISTEM

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar mahluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.

Ekosistem tersusun atas individu, populasi dan komunitas. Individu adalah makhluk tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung dan sebuah pohn cemara. Tempat tinggal individu adalah Habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh disebuah kolam terdapat populasi ikan, populasi teratai dan populasi lumut. Sementara komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput.

Jenis-jenis ekosistem

Pada dasarnya, ekosistem di dunia dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin. Ekosistem darat terdiri dari ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra dan taiga.

Ekosistem buatan merupaakan ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan merupakan contoh ekosistem buatan


0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel