PJOK Kelas 5 SD/MI BAB1 Permainan dan Olahraga - Sepak Bola

PJOK Kelas 5 SD/MI BAB1  Permainan dan Olahraga - Sepak Bola

Permainan sepak bola berasal dari negara Tiongkok atau China. Sejarah sepak bola tercatat bermula pada masa pemerintahan dinasti Han sekitar abad ke- 2 Masehi sampai ke- 3 Masehi. Pada saat itu, permainan ini dimulai dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulung berbentuk seperti bola. Cara bermainnya pun tidak jauh berbeda dengan sepak bola modern, yaitu memasukkan bola ke dalam jaring kecil. Permainan tersebut pada masa itu disebut dengan istilah Thu chu.

Berikut adalah Teknik dasar permainan sepak bola:

1. Menendang Bola

Cepat atau lambatnya gerakan bola tergantung kepada keras atau lemahnya tendangan dan jauh dekatnya sasaran yang dituju. Menendang bola ada bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam
    Kaki bagian dalam sering digunakan untuk menendang karena dapat mengarahkan bola dengan akurat. Kaki kiri ditempatkan di samping bola, lutut agak ditekuk. Kaki kanan yang digunakan untuk menendang diputar keluar. Kemudian sepaklah bola tepat ditengahnya.
  • Menendang bola dengan punggung kaki
    Kaki kiri ditempatkan disamping bola, lutut agak ditekuk. Lutut kaki kanan ditekuk, bola disepak tepat di bagian tengah dengan punggung kaki kanan
  • Menendang bola dengan punggung kaki bagian luar
    Sama seperti menyepak dengan punggung kaki, hanya yang digunakan untuk menyepak adalah ounggung kaki bagian luar. Sikap badan dan kaki saat menendang bola, menentukan hasil tendangan. Ada dua macam hasil tendangan yaitu melambung dan mendatar.
  • Tendangan mendatar
    Bola akan bergulir mendatar jika bagian tengahnya ditendang
  • Tendangan melambung
    Bola akan terangkat jika bagian bawahnya ditendang. Hasil tendangannya akan melambung.


0 Response to "PJOK Kelas 5 SD/MI BAB1 Permainan dan Olahraga - Sepak Bola"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel