Air Mata

Menangis

Tanpa disadari air mata akan menetes membasahi pipi dan hati yang ditimpa kesedihan. Memang sifat manusia yang paling utama apabila dirinya ditekan hingga ke batas yang melebihi kemampuan dirinya adalah bersedih. Dan kesedihan yang begitu dalam akan memicu suatu mekanisme organ tubuh yang menghasilkan Air Mata sehingga orang tersebut akan Menangis

Sedih adalah fitrah manusia yang diberikan oleh Allah. Setiap orang pastilah pernah merasakan bersedih, setiap orang pastilah pernah menangis. Tidak peduli apakahh dia pria ataupun wanita, kuat atau lemah, semua orang yang memiliki hati pastilah tidak mampu menahan tangis jika ditimpa kesedihan yang mendalam.

Walaupun hati (Jiwa) sebenarnya bukanlah suatu organ tubuh fisik (karena tidak kasat oleh mata), tetapi hatilah yang mengendalikan seluruh emosi dan berhubungan dengan organ-organ tubuh fisik yang glain. Sebagai contoh, jika hati bersedih maka Air Mata tanpa disadari akan menetes. Jika hati kesal, rasanya dada panas dan nafas naik turun tidak menentu. Jika hati damai, diri kita sepertinya merasa tenang dan bahagia.

MENANGIS ITU BERMANFAAT

Sebenarnya menangis itu bukanlah hal yang memalukan. Anda tidak usah malu untuk menangis, karena manusia adalah makhluk yang lemah. Justru dengan menangis menunjukan bahwa anda masih memiliki hati yang peka, hati yang bisa merasakan nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah.

Bahkan menangis bisa membantu meringankan beban yang selama ini tersimpan di dalam dada. Dengan menangis, semua kesedihan,semua kekesalan, dan semua beban yang menumpuk seakan-akan terangkat ke atas.

Menangislah, jika itu anda rasa perlu. Menangislah dan keluarkan semua beban yang selama ini menumpuk dihati anda. Menangislah di hadapan Allah, dipelukan orang tua anda, di samping kekasih atau sahabat yang bisa mengerti kesedihan kita. keluarkanlah segala unek-unek anda. Jangan ditahan-tahan lagi, jangan disimpan di dalam dada. Keluarkanlah semuanya bersama dengan Air Mata anda yang mengalir.

Jika anda telah selesai menangis, setelah anda menghapus air mata yang telah menetes di pipi dan sajadah anda, cobalah rasakan nikmatnya kesendirian dan ketenangan itu. Bayangkanlah semua beban dan masalah yang anda hadapi telah mengalir keluar dari diri anda bersamaan dengan mengalirnya air mata anda. Sehingga yang tinggal kini hanyalah diri anda bersama nikmat-nikmat Allah  yang tersisia di dalam hati anda. Rasakanlah nikmat tersebut. Tinggalah bersma hati anda sebentar yang sedang kosong dan tenang setelah menangis. Saya yakin pastilah anda akan terasa lebih baik.

JANGAN SEDIH BERKEPANJANGAN

Saya mengerti, anda sedang ditimpa suatu musibah yang besar. Saya juga mengerti anda sekarangberada dalam suatu kesedihan yang dalam. Walaupun sudah ditahan-tahan, pasti hatii ini sakit sekali rasanya.

Menagis itu memang bermanfaat untuk melepaskan beban yang ada pada hati anda. Tetapi jika anda menganis terlalu banyak dan berlarut-larut, malah akan berakibat sebaliknya. Tangis yang berkepanjangan akan mengubah susasana hati, dan karena hati yang memperngaruhi semua organ tubuh yang lain, maka kesehatan anda juga aan terganggu karenanya.

Apakah anda ingin menangis terus setiap hari sepanjang hidup anda? Tentunya tidak, bukan? Secengeng-cengenya anda, saya yakin anda tidak ingin menangis terus sepanjang masa. kesedihan yang berlarut-larut bisa merusak dan menggangu hidup serta kesehatan anda.

Apakah anda ingi bersedih dan bermuka muram selalu dimana saja anda berada? Selain mengganggu kesehatan, ini juga bisa merusak hubungan anda dengan orang-orang disekitar anda, serta mempengaruhi sikap anda dalan memandang dunia.

Tubuh dan jiwa (hati) adalah dua hal yang saling menyatu di dalam diri manusia. Tubuh dan jiwa juga saling begantung satu sama ain. Jika hati sakit, maka tubuh juga akan ikut merasakan sakit, demikian juga sebaliknya.

Ketergantungan antara tubuh dan jiwa ini dihubungkan oleh suatu kelenjar yang bernama Kelenjar Endorkin yang berfungsi memompa cairan hormon ke dalam aliran darah. Hormon-hormon inilah yang mengatur fungsi-fungsi tubuh seperti pikiran, pernafasan, aliran darah, pencernaan, metabolisme, dan lain-lain. Segala suasana hati seperti sedih, marah, gembiran dan sebagainya akan mempengaruhi pemasokan hormon-hormon tersebut ke organ tubuh kita.

Jika anda sedih berkepanjangan, organ-organ tubuh anda juga akan ikut terganggu. Orang yang terlalu lama bersedih bisa menyebabkan pikiranya bingung dan gelisah, menyebabkan jantungnya sakit, sistem pencernaan tidak menentu sehingga kesehatanya akan terganggu dan dirinya akan sakit.

Jadi untuk apa anda bersedih terlalu dalam? Selain hati, pikiran dan tubuh anda juga akan ikut digerogoti oleh kesedihan tersebut. sehingga sedikit demi sedikit anda sama saja menggali tanah untuk kuburan anda sendiri.

AIR MATA ADALAH PERMATA

Sebenarnya, segala musibah dan kesedihan yang kita alami ini adalah pemberian Allah. Yang paling utama yang harus anda ketahui adalah, bahwa dengan musibah berarti anda masih disayang oleh Allah.

Dengan memberikan kesedihan, Allah ingin mengampuni dosa-dosa anda yang telah lalu. Dengan musibah,  Allah ingin menambah nikmat dan pahala untuk anda. Semua kesedihan akan mudah dihadapi dengan hati yang lapang. Jika anda menerima ini, Insayaallah semua air matayang telah anda keluarkan akan berubah menjadi titik-titik permata yang berkilau dikehidupan akhiratmu nanti. Amin.

Allah memberi tahu bahwa kita (orang-orang yang beriman) sebenarnya adalah orang yang Derajatnya paling tinggi, jadi tidak boleh bersedih karena Allah telah menjanjikan hal-hal yang jauh lebih baik sebagi pengganti kesedihan yang sedang kita alami.

INGAT! CAMKAN INI BAIK-BAIK

Setiap Air Mata  yang kita teteskan karena ditimpa musibhah, pasti akan digantikan oleh Allah dengan pahala dan kebahagaiaan yang besar asalkan kita sabar dan tawakkal menerima apa yang telah jadi kehendak - Nya.

0 Response to "Air Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel