Daur Hidup Hewan

Daur Hidup Hewan - Daur Hidup Hewan adalah Tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan. Di  dalam daur hidupnya, ada hewan yang   mengalami perubahan bentuk, ada yang  tidak. Hewan yang  mengalami perubahan bentuk pada tahap tumbuh kembangnya disebut mengalami metamorfosis. 

Berdasarkan perubahan bentuknya, metamorfosis dibedakan menjadi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna terjadi    ketika    hewan     mengalami perubahan bentuk yang  sangat berbeda pada setiap tahap  perkembangannya. Contoh hewan yang  mengalami metamorfosis sempurna  adalah  katak dan kupu-kupu. Kupu-kupu berkembang biak   dengan  cara  bertelur. Kemudian, telur menetas  menjadi ulat   atau larva yang   aktif   mencari makanan.  Setelah cukup mendapatkan makanan, ulat berubah menjadi pupa atau kepompong yang  tidak bergerak dan melekat pada bagian pohon.  Pupa merupakan masa istirahat   sebagai   persiapan   menjadi kupu-kupu dewasa. 

Daur Hidup Kupu-Kupu

Metamorfosis tidak  sempurna  terjadi  pada hewan yang   mengalami perubahan  bentuk yang  tidak terlalu berbeda pada setiap perkembangannya. Hewan kelompok ini tidak mengalami  fase  larva    dan  pupa.  Contoh hewan yang  mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah kecoa. Kecoa  berkembang biak   dengan  bertelur. Telur  kecoa menetas berubah menjadi kecoa muda yang   disebut nimfa. Nimfa mengalami beberapa kali pergantian kulit  sebelum menjadi kecoa dewasa.  Pergantian kulit ini disebut ekdisis.
Daur Hidup Kecoa


0 Response to "Daur Hidup Hewan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel