Organ Pencernaan Manusia

Dalam peta lidah ini, ditunjukkan bahwa sisi kanan dan kiri lidah dikhususkan untuk mengecap rasa asam.  Sedangkan bagian ujung lidah mengecap rasa asin dan manis.  Lalu bagian pangkal lidah dikhususkan untuk mengecap rasa pahit. Sementara bagian tengah lidah digambarkan tidak terlalu bisa merasakan banyak rasa.

Pencernaan makanan adalah proses pemecahan makanan menjadi sari-sari makanan sehingga dapat digunakan oleh tubuh. Secara berurutan orga penceraan manusia meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.

1. Mulut

Di dalam mulut makanan mengalami pencernaan secara mekanis dan kimiawi. Organ-organ pencernaan yang membantu proses pencernaan di dalam mulut yaitu, gigi, lidah dan kelenjar ludah.

a. Gigi

Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan sehingga menjadi halus. Gigi terdiri atas tiga bagian yaitu puncak gigi, (mahkota gigi), leher gigi dan akar gigi.

b. Lidah

Lidah terletak dibagian dasar rongga mulut. Bagian lidah sisi kanan dan kiri lidah dikhususkan untuk mengecap rasa asam. Sedangkan bagian ujung lidah mengecap rasa asin dan manis. Lalu bagian pangkal lidah dikhususkan untuk mengecap rasa pahit. Sementara bagian tengah lidah digambarkan tidak terlalu bisa merasakan banyak rasa.

c. Kelenjar ludah

Kelenjar ludah menghasilkan air ludah atau air liur atau saliva.  Air liur mengandung enzim ptialin atau amilase yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi zat gula.




0 Response to "Organ Pencernaan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel